Aturan Dasar Cara Berpakaian Bagi Para Pria

Fashionentertainment.web.id – Cara berpakaian cowok bukan menjadi hal yang rumit. Esensi dari cara berpakaian cowok adalah kesesuaian dan kepantasan. Aturan itu jadi pedoman cowok agar bisa menjaga penampilannya pada berbagai situasi, salah satunya ketika bekerja. Di bawah ini ada beberapa aturan dasar yang wajib diketahui dan diingat oleh cowok ketika berpakain. Tentu aturan ini dipakai dalam kondisi tertentu. Namun, ketika sedang liburan atau hangout dengan teman-teman, cowok bebas memakai pakaian apa pun. Jadi, untuk lebih meningkatkan penampilanmu ketika bekerja atau kuliah, kamu perlu mengetahui beberapa aturan dasar cara berpakaian bagi para pria dibawah ini :

1. Pakaian cowok harus fit di tubuh
Baju atau celana yang kamu beli di toko pakaian biasanya gak langsung ngepas di badanmu. Ini karena pakaian tersebut diproduksi secara massal, sehingga ukuran pakaian itu adalah standar.

Biasanya baju atau celana itu akan tampak kebesaran di beberapa sisi sebab tubuh setiap orang berbeda-beda. Sehingga kamu perlu penyesuaian di beberapa bagian, seperti lengan atau pinggang. Maka, kamu perlu membawa pakaian barumu itu ke penjahit langgananmu.

Setelah pakaianmu disesuaikan oleh penjahitmu, maka pakaianmu akan tampak cocok dengan bentuk tubuhmu, baik itu kamu kecil atau besar. Kamu pun akan terlihat semakin menarik dan pakaianmu akan tampak lebih baik.

2. Kualitas bagus tidak harus mahal
Memakai pakaian yang berkualitas adalah cara terbaik untuk menjaga penampilanmu. Namun, perlu diingat, berkualitas bukan berarti mahal. Ya, memang pakaian mahal sudah pasti punya kualitas tinggi, tapi ada banyak kok produk berkualitas dengan harga terjangkau, bahkan produk lokal.

Pakaian berkualitas dinilai dari kenyamanan saat dipakai, mudah menyerap keringat, dan awet ketika sering dipakai. Tentu kamu akan mencari pakaian berkualitas tersebut terutama untuk dipakai bekerja sehari-hari.

Ada banyak, kok, produk berkualitas dengan harga terjangkau, seperti merek Uniqlo, Topman, dan Zara. Untuk produk lokal, kamu pasti sudah mengetahuinya. Nah, carilah produk pakaian yang terjangkau tapi kamu mesti memilah yang paling berkualitas.

3. Cowok juga harus memahami bagaimana memadupadankan pakaian
Bagi cowok, memilih pakaian jadi sesuatu yang rumit. Bukan berarti cowok gak bisa memilih, tapi karena cowok gak terlalu suka dalam hal keribetan memilih pakaian. Namun, kalau cowok sampai gak memperhatikan cara berpakaian malah akan membuatmu kurang menarik.

Aturan dasar buat cowok adalah jangan membuat seluruh pakaianmu menjadi fokus perhatian. Jika kamu ingin memakai kemeja yang berwarna cerah, maka kamu mesti memakai celana yang berwarna gelap. Begitu pun sebaliknya. Hal itu dimaksudkan agar tercipta keseimbangan dalam berpakaian, sehingga kamu gak dianggap terlalu norak.

Pilihan aman bagi cowok adalah memakai celana yang berwarna kalem, sehingga kamu bisa memakai kemeja berwarna apa pun.

4. Cowok wajib mengetahui perlengkapan pakaian apa saja yang dibutuhkan
Kebutuhan berpakaian cowok memang gak sebanyak apa yang dibutuhkan cewek. Namun, ada beberapa item yang penting untuk dimiliki oleh cowok, seperti jam tangan, sepatu, dasi, dan ikat pinggang.

Kamu mesti mengetahui barang-barang apa saja yang akan sering kamu pakai dan yang akan kamu simpan untuk dipakai di acara khusus. Item-item yang sering dipakai seperti pakaian kerja dan kaos kaki, bisa saja kamu beli dengan harga yang murah tapi tetap berkualitas.

Baca Juga : Tips Fashion Untuk Cewek Bertubuh Ramping

Sedangkan barang yang relatif mahal tapi berkualitas bagus, bisa kamu jadikan investasi untuk penampilanmu di acara khusus, seperti presentasi pada investor atau ke pesta pernikahan teman. Jadi, kamu wajib menginvestasikan uangmu pada item-item tersebut.

5. Saat membeli pakaian kerja, usahakan kamu juga memakai pakaian kerja
Secara berkala, kamu perlu membeli pakaian kerja. Kemeja atau celana kerja yang dipakai terus menerus tentu akan mengurangi kualitasnya. Untuk itu kamu bisa ke toko pakain maksimal setiap enam bulan sekali.

Bagaimana agar pakaian yang kamu langsung bisa cocok dengan tubuhmu? Salah satu caranya adalah dengan memakai pakaian kerja saat akan membeli pakaian baru. Bisa ketika jam istirahat kantor atau setelah pulang dari kantor.

Jika kamu ingin membeli kemeja, kamu bisa melihat kecocokannya saat dipakai bersama celana kerjamu, begitu pun sebaliknya. Cara ini untuk menghindari agar gak terjadi kesalahan dalam keserasian berpakaian.